Posted in Keterampilan Manajemen

Bagaimana Jika Anda Ingin Membuka Usaha Baru?

Bagaimana Jika Anda Ingin Membuka Usaha Baru?

Prinsip dalam berproduksi adalah:

  • Bahan baku banyak jumlahnya, sehingga kalau tidak digunakan akan mubazir
  • Pasar, ada saja orang yang memerlukan, itulah mengapa kita jual suatu produk tersebut.
  • Pasar dan Bahan baku, jika pembeli banyak dan didukung bahan baku yang banyak juga maka akan menghasilkan harga yang bagus, dan akhirnya bisa mendapatkan keuntungan.

Hal terpenting dari membuat suatu usaha adalah apakah sumber dayanya tersedia dan pasar.

 

Pertama yang harus kita lakukan adalah memilih. Pilih kemana produk kita mengarah, ke arah produk yang bahan bakunya tersedia melimpah namun pasarnya belum ada, atau bahan bakunya kurang tetapi pasarnya besar.

 

Jika bahan bakunya melimpah namun pasarnya belum ada, sehingga kita harus memperkenalkan produk kita dengan effort yang besar agar dikenal masyarakat, maka hal ini disebut Technology Push. Jika bahan baku sulit didapatkan, atau dapat dicari substitusinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun pasarnya ada dan besar, maka hal tersebut adalah Market Pull. Contoh technology push adalah ketika ada kamera yang dapat digunakan mengirimkan pesan seperti smart phone, maka produk tersebut harus dikenalkan dulu pada masyarakat dan pengenalan teknologi tersebut bisa bersifat seperti “memaksa” dan lama kelamaan pasarnya pun akan ada. Contoh market pull, kalau misal dibutuhkan gula alami yang berasal dari pohon aren, namun bahan baku sangat sedikit maka akhirnya dibuatlah gula rafinasi.

Selain itu yang tidak kalah penting dari technology push dan market pull adalah lakukan survey/riset terhadap pasar dan bahan baku. Riset ini merupakan bagian yang penting untuk mengenal dengan baik, sebenarnya usaha atau produk yang kita pasarkan mau mengarah ke mana.

Manajemen merupakan pemanfaatan dari sumber daya (SDM, waktu, bahan baku, dan lain-lain) yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai atau ditetapkan.

Saat ingin membuat suatu perusahaan, maka hal awal yang harus jelas adalah:

  • Penetapan VISI, MISI, dan TUJUAN pembuatan usaha tersebut, kemudian SASARAN yang jelas, dan MAKSUD (apa yang ingin dilakukan dengan dibuatnya usaha ini). ‘
  • Pastikan perusahaan Anda harus bergerak sesuai dengan REGULASI yang berlaku. Tidak ada perusahaan yang dapat berjalan, tanpa adanya regulasi. Walaupun ada, namun perusahaan tersebut tidak akan lama bertahan.
  • Untuk mencapai tujuan yang telah dirancang, maka apa saja yang harus dimiliki? (misal: modal, SDM, teknologi, bahan baku, dan lain-lain.)
  • ATUR STRATEGI, bagaimana memanfaatkan aset yang dimiliki untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.
Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s