Posted in Keterampilan Manajemen, Manajemen Proyek

Keterampilan Manajemen – Manajemen Proyek

Manajemen Proyek

Manajemen proyek adalah suatu teknik maupun alat bantu yang digunakan pada aktivitas proyek supaya syarat dan kebutuhan proyek dapat terpenuhi.

Bagaimana cara menyusun rencana kerja yang baik?

  1. Lakukan riset pasar atau survey
  2. Pada bidang industri pangan misalnya, buatlah desain kemasan yang menarik
  3. Pembuatan merk bagi produk yang dijual oleh perusahaan
  4. Uruslah perizinan domilisi (KTP, foto, surat pengantar, dan lain-lain)
  5. Jika Anda memiliki produk makanan, maka ujilah produk tersebut di laboratorium yang sudah terakreditasi dengan baik agar hasil yang diberikan akurat.
  6. Mengikuti pelatihan atau penyuluhan mengenai hal yang berkaitan, misalnya pada bidang industri pangan adalah mengikuti pelatihan PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan) untuk mendapatkan izin PIRT
  7. dan lain-lain.

Beberapa tools yang dapat digunakan untuk membantu manajemen proyek adalah pembuatan GANTT CHART. Gantt chart ini biasa dikenal sebagai “timetable” juga.

Gambar 1. Contoh Gantt Chart dalam Pengembangan Proyek

Gambar di atas merupakan salah satu contoh dari Gantt Chart. Bentuk chart ini adalah tabulasi yang diisi berbagai kegiatan beserta deadline pengerjaannya. Selain Gantt chart, juga terdapat sarana CPM (Critical Path Method). CPM berisi suatu langkah dari awal hingga akhir proses, dimana setiap langkah memiliki durasi waktu tertentu yang sudah ditentukan. Setiap Jalan yang ditempuh, stepnya berbeda-beda dan durasi waktunya berbeda. Pada durasi yang paling panjang atau lama dari keselurahan step maka akan dikenali sebagai CRITICAL PATH.

CriticalPath.jpgGambar 2. Contoh Critical Path Method

Berdasarkan Gambar 2. maka terdapat 3 jalan (path) berbeda yang memakan durasi waktu yang berbeda pula. Pada langkah paling atas, ditempuh waktu 7 hari dari awal proses hingga proses tersebut. Pada langkah tengah, maka ditempuh waktu dengan 2 variasi, yaitu bisa pakai step 1 dengan waktu lebih cepat yaitu 5 hari atau step 2 dengan waktu 6 hari. Begitu pula pada langkah paling bawah, waktu yang ditempuh dari awal hingga akhir proses adalah 7 hari. Gambar 2. menjelaskan bahwa dari keempat durasi waktu tersebut, waktu terlama diperoleh pada langkah paling atas, yaitu selama 7 hari.

Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s