Posted in Peraturan Pangan dan Perlindungan Konsumen, Regulasi

Peraturan yang ada di Indonesia

Peraturan yang ada di Indonesia sangatlah beragam, peraturan tersebut dapat dibuat oleh berbagai pemegang wewenang. Mereka yang memiliki kewenangan seperti Presiden, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Gubernur, dan pihak-pihak terkait lainnya dapat membuat peraturan yang resmi di Indonesia. 

Indonesia memiliki tiga lembaga negara, yaitu:

lembaga-negara.png

ΔEksekutif 

merupakan lembaga negara yang bertugas untuk membuat perundang-undangan. Contoh Eksekutif adalah MPR, DPR, dan DPD

ΔLegislatif

merupakan lembaga negara yang bertugas untuk menerapkan sekaligus melaksanakan peraturan perundang-undangan. Contoh Legislatif adalah presiden, wakil presiden, dan para menteri.

ΔYudikatif

merupakan lembaga negara yang mempertahankan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Contoh Yudikatif adalah Komisi Yudisial (KY)dan Mahkamah Agung (MA)

Tata susunan norma hukum Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Undang-undang dasar –> UUD 1945 merupakan norma hukum tertinggi yang berlaku di Indonesia. Dalam UUD 1945 dicantumkan mengenai Pancasila sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara. Pancasila terdapat pada pembukaan UUD 1945. Selain pancasila, terdapat batang tubuh negara yang diterapkan dalam pasal-pasal dalam UUD.
  2. TAP MPR –> salah satu wujud peraturan perundang-undangan
  3. Undang-undang yang setara dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) –> dibuat bersama-sama DPR dan pemerintah

Berikut peraturan yang berlaku di tingkat pusat:

  1. Peraturan Pemerintah (PP)
  2. Tingkat pemerintah: Keputusan Presiden/Peraturan Presiden
  3. Tingkat Kementerian: 
    • Keputusan Menteri
    • SK Direktur Jendral (Dirjen
    • SK Direktur
  4. Tingkat Daerah
    •  Peraturan Gubernur (Pergub)/SK Gubernur
    • SK Bupati/ Peraturan Walikota

PERATURAN DALAM PERUSAHAAN

Building-PNG



Perusahaan besar harus memiliki Kesepakatan Kerja Bersama (KKB). KKB ini dibentuk dengan memilih ketua perserikatan kerja. Lebih baik ketua perserikatan kerja tersebut memiliki sikap-sikap yang tercantum pada laporan Sumber Daya manusia.  KKB ini merupakan kesepakatan dari dua belah pihak, yaitu pihak perusahaan dan karyawan (diwakilkan oleh serikat pekerja). Serikat pekerja harus dapat menjelaskan berbagai hal, dari mulai hari libur bagi karyawan, mengetahui gaji, fasilitas yang didapat perusahaan apa saja, dan lain-lain. 

Pada perusahaan tentunya juga terdapat peraturan perusahaan bukan? Nah apa bedanya peraturan perusahaan itu dengan KKB?

Peraturan Perusahaan

  • Peraturan secara tertulis yang dibuat oleh perusahaan. Isi peraturan ini adalah memuat berbagai macam persyaratan kerja dan tata tertib kerja di perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi pekerja di perusahaan tersebut.

Kesepakatan Kerja Bersama (KKB)

  • Kesepakatan Kerja Bersama adalah kesepakatan kerja dari hasil musyawarah antara serikat pekerja dan beberapa serikat pekerja dari instansi yang berkepentingan di bidang ketenagakerjaan (Departemen Ketenagakerjaan) dengan pihak perusahaan yang memuat persyaratan kerja, hak, dan kewajiban kedua belah pihak.

Siapa yang bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan terhadap serikat pekerja?

Pihak yang bertanggung jawab adalah Dinas Ketenagakerjaan (DISNAKER), dimana DISNAKER akan mengajarkan mengenai peraturan apa saja yang berlaku dalam perusahaan. Terdapat perusahaan yang tidak memiliki serikat pekerja, hal ini dapat menimbulkan dapat membuat karyawan menjadi oknum yang tidak tahu menahu akan urusan perusahaan dan terdapat kemungkinan karyawan tidak dapat mendapat apa yang menjadi haknya.

Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s