Posted in Peraturan Pangan dan Perlindungan Konsumen, Uncategorized

Ketenagakerjaan

122443-color-professions-avatars

Ketenagakerjaan menyangkut dua hal penting, yaitu kesehatan kerja dan keselamatan kerja. Pada dasarnya, landasan hukum yang mengatur mengenai ketenagakerjaan diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003. Ketenagakerjaan merupakan hal yang berhubungan dengan tenaga kerja dan masa kerja. Masa kerja yang diperhitungkan adalah sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.

Ketenagakerjaan selalu berhubungan dengan tenaga kerja dan pemberi kerja. Tenaga kerja disini adalah buruh/karyawan, sedangkan pemberi kerja adalah pemilik perusahaan. Menurut KBBI, tenaga kerja adalah:

tenaga kerja/te·na·ga ker·ja/ n 1 orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu; pekerja, pegawai, dan sebagainya: proyek itu masih memerlukan ratusan –; 2 orang yang mampu melakukan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja;

Sebagai tenaga kerja yang melakukan pekerjaan untuk seseorang atau perusahaan, maka tenaga kerja memiliki hak yang harus dimilikinya dalam kaitannya adalah kesehatan kerja dan keselamatan kerjaKesehatan kerja diatur dalam Undang-undang nomor 36 tahun 2009 pada pasal 164-166 dan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 mengenai ketenagakerjaan.

UU No. 36 tahun 2009, membahas lebih lanjut yaitu pada p164a1 menjelaskan bahwa kesehatan kerja ini diwujudkan guna melindungi pekerja dari gangguan kesehatan yang dapat berdampak pada pekerjaan. P164a2 membahas bahwa pelaksanaan kesehatan kerja diberlakukan pada sektor formal maupun informal. P164a5 menyatakan bahwa pemerintah sudah menetapkan standar bagi kesehatan kerja (Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)). P164a7 Jika sampai terjadi kecelakaan kerja di suatu perusahaan atau tempat kerja maka pengelola tempat kerja wajib bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan kerja tersebut. P165a1 menjelaskan bahwa pengelola tempat kerja harus melakukan pencegahan, peningkatan, pengobatan, dan pemulihan bagi tenaga kerja.

Selain kesehatan kerja, maka adapula mengenai Keselamatan Kerja. Hal ini diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja. Pada p3a1 menyatakan bahwa syarat-syarat keselamatan kerja adalah mencegah dan mengurangi kecelakaan, memberi alat-alat perlindungan diri, memelihara kebersihan, keselamatan, dan kebersihan, mengamankan dan memelihara segala jenis bangunan, dan menyesuaikan dan menyempurnakan pengamanan para pekerja. Pekerja dibatasi waktu kerjanya, yaitu 40 jam dalam seminggu. Jika bekerja dalam 6 hari dalam seminggu, maka dalam sehari akan bekerja selama 7 jam kerja. Jika bekerja dalam 5 hari dalam seminggu, maka bekerja selama 8 jam dalam sehari.

Perlindungan yang ekstra diberikan kepada 3 kategori, yaitu perempuan, anak-anak, dan penyandang cacat. Pada perempuan perlindungan yang diberikan adalah berupa jatah cuti melahirkan dan sakit saat haid, Pekerja wanita yang bekerja pada shift malam yaitu dari pukul 23.00-07.00 harus diberikan asupan yang bergizi, menjaga kesusilaan selama di tempat kerja, dan wajib menyediakan antar jemput. Pada anak-anak maka ketentuan yang berlaku adalah tidak diperbolehkan anak di bawah 18 tahun untuk bekerja, waktu kerja maksimum adalah 3 jam, dan keadaan lingkungan kerja tidak mengganggu perkembangan fisik, mental, sosial, dan waktu sekolah.

Para pekerja juga diberikan kesejahteraan dalam 2 bentuk, yaitu dalam bentuk upah dan BPJS ketenagakerjaan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan suatu perusahaan asuransi yang dibuat oleh pemerintah guna memberikan kesejahteraan pada pekerja. BPJS dibagi menjadi 2 yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS kesehatan bentuknya adalah dibayarkan oleh perusahaan dan subjek yang bersangkutan, misalkan gaji dipotong 2% untuk membayarkan jaminan kesehatan ini. BPJS Ketenagakerjaan bisa dalam bentuk Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s