Posted in Uncategorized

Perizinan Perseroan Terbatas (PT)

Office-Building-PNG

Ketentuan mengenai Perseroan diatur dalam Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Pendirian Perseroan Terbatas. Pada p1 dijelaskan bahwa Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan adanya perjanjian, melakukan kegiatan usah dengan modal dasar yang terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Undang-undang serta peraturan pelaksanaannya. Pada pasal ini juga dibahas mengenai organ dari perseroan, yaitu meliputi pemegang saham, direksi, dan dewan komisaris.

Pemegang saham memiliki wewenang sendiri yang tidak diberikan pada direksi dan komisaris sesuai batas yang ditentukan. Direksi bertanggung jawab dalam pengurusan perseroan. Dewan komisaris bertugas untuk pengawasan dan pemberian nasihat kepada direksi.

Persyaratan sebagai Perseroan terdapat pada berbagai pasal di bawah ini:

  • P32 dikatakan bahwa sebuah Perseroan harus memiliki maksud dan tujuan kegiatan usaha yang tidak bertentangan dengan perundang-undangan.
  • P5 menjelaskan bahwa PT harus memiliki kedudukan dan nama di wilayah negara RI dan memiliki alamat lengkap.
  • P7 didirikan oleh 2 orang atau lebih setiap dan pendiri Perseroan wajib mengambil bagian saham pada saat perseroan didirikan
  • P32 memiliki modal dasar paling sedikit Rp 50.000.000,00.

Bila Anda ingin membangun sebuah perusahaan tentunya Anda wajib memiliki anggaran dasar dan akta pendirian perusahaan. Akta pendirian perusahaan dibuat oleh notaris dan harus memuat anggaran dasar (dalam p8 dan p15). Akta pendirian harus melengkapi surat-surat, seperti Surat Keterangan Domisili (SKD) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan. Pada p15a1, anggaran dasar harus memuat nama, tempat, maksud, tujuan, jumlah modal, jumlah saham, nama jabatan, dan anggota direksi. P15a2 menjelaskan bahwa anggaran dasar juga dapat memuat hal lain di luar perundang-undangan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 46/M-DAG/PER/9/2009 menyatakan bahwa perusahaan harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). SIUP merupakan surat izin untuk dapat menjalankan kegiatan usaha perdagangan. Pada p2a2-3 menjelaskan bahwa SIUP dibagi dalam 4 kategori, yaitu SIUP kecil, menengahbesar, dan mikro. Selain SIUP, menurut Undang-undang Republik Indonesia No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, menyatakan bahwa perusahaan juga memerlukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Hal ini diikuti dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 14/M-DAG/PER/3/2016Pada p5 disebutkan bahwa perusahaan wajib terdaftar dalam daftar perusahaan. Pendaftaran itu dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan atau dapat diwakilkan dengan orang lain yang memiliki surat kuasa.

Jika Anda ingin membuat suatu perusahaan maka Anda perlu memiliki izin lingkungan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2012 mengenai izin lingkungan. Izin lingkungan dapat berupa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL), Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UPL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL). Pada p2 dijelaskan bahwa tahapan izin lingkungan adalah penyusunan, pemeriksaan AMDAL, dan UKL-UPL, dan permohonan dan penerbitan izin lingkungan.

Pada Pedoman Teknis Izin Mendirikan Bangunan Gedung No. 24/PRT/M/2007 di p4 dijelaskan bahwa persyaratan mendirikan bangunan gedung adalah persyaratan administratif dan teknis untuk permohonan izin mendirikan bangunan, penyedia jasa, pelaksanaan pengurusan izin.

Banyak dari kalian yang bertanya apa sih perbedaan PT dan CV?

Perseroan Terbatas (PT) memiliki modal penanggung jawab hanya terbatas pada modal yang disetorkan. Misal ada modal 50 juta jadi 1M, saat PT dibubarkan makan 1M yang sudah dipotong dengan pajak akan dibagikan secara merata. Jika bangkrut, maka perusahaan yang akan menanggung akibatnya, sedangkan pemberi modal tidak menanggung karena dia hanya sebatas pemberi modal.

Perseroan Komanditer (CV) memiliki sifat tidak terbatas. Kalo CV berhutang, maka pemilik saham yang harus membayar hutang. Biasanya dalam CV, si pemegang perusahaan yang menjadi pemilik CV juga. Badan hukumnya bisa berupa diri sendiri sebagai pemilik, atau pemegang modal.

 

 

 

 

 

Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s