Posted in Uncategorized

Perdagangan dan Hak Kekayaan Intelektual

Manusia memerlukan segala hal yang bersumber dari barang maupun jasa yang dijual oleh orang lain. Disini berarti ada kegiatan berdagang dan dimana terjadi perdagangan maka terjadi pula transaksi. Perdagangan diatur dalam Undang-undang No. 7 tahun 2014, berdasarka UU tersebut maka definisi perdagangan secara umum adalah tatanan kegiatan terkait transaksi barang atau jasa dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi. Seperti yang telah disebutkan di atas, maka kegiatan berdagang mencakup barang maupun jasa. Secara singkat, barang merupakan setiap benda yang berwujud maupun tidak berwujud, yang dapat bergerak atau tidak yang dimanfaatkan oleh konsumen atau pelaku usaha. Jasa merupakan setiap layanan dalam bentuk pekerjaan yang dicapai, yang diperdagangkan, dan dimanfaatkan oleh konsumen atau pelaku usaha.

Setiap perusahaan yang akan melakukan perdagangan harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). SIUP merupakan surat izin yang diberikan kepada perorangan, CV, firma, PT, dan lain-lain untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan atau jasa. SIUP diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-DAG/PER/9/2007 mengenai Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan. Berdasarkan Permendagri No. 46/M-DAG/PER/9/2009, SIUP dibagi menjadi 4 kategori yaitu SIUP besar, menengah, kecil, dan mikro. Perusahaan yang memiliki penghasilan lebih dari 10M maka dianggap sebagai SIUP besar, > 500 juta hingga 1M dikategorikan sebagai SIUP menengah, >50juta hingga 500 juta dianggap sebagai SIUP kecil, dan perusahaan kecil seperti PIRT dianggap sebagai SIUP mikro. Jika Anda dikategorikan sebagai SIUP mikro maka anda tidak wajib memiliki SIUP.

Jika Anda berdomisili di Jakarta dan dikategorikan sebagai mikro maka Anda perlu surat permohonan yang di dalamnya terdapat pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen & data di atas kertas bermaterai Rp 6.000, identitas Pemohon WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), atau WNA : KITAS / Visa, Paspor, pas foto berwarna penanggung jawab perusahaan atau direktur utama ukuran 3×4 cm sebanyak 2 (dua) lembar, surat pernyataan bersedia mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan  dalam jangka waktu 1 tahun, Checklist Persyaratan.

Berdasarkan Permendagri No. 46/M-DAG/PER/9/2009 Pasal 4, SIUP mikro tidak diwajibkan untuk memiliki SIUP. Syarat-syarat bahwa perusahaan itu tidak wajib SIUP adalah perusahaan tersebut merupakan usaha perseorangan atau persekutuan, kegiatan usaha diurus, dikelola, maupun dijalankan oleh pemilik maupun kerabatnya, memiliki kekayaan bersih paling banyak 50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

siup

siup 2

Hal ini dapat dilihat pada lampiran 1. Peraturan Menteri Perdagangan R.I. Nomor: 46/M-DAG/PER/9/2009

Perusahaan harus terdaftar dalam Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dimana TDP merupakan surat tanda pengesahan yang diberikan kepada perusahaan jika sudah mendaftarkan perusahaannya. TDP diberikan oleh kantor pendaftaran perusahaan. Hal ini ditulis dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 37/M-DAG/PER/9/2007. TDP memiliki beberapa syarat, yaitu memiliki surat pernyataan keabsahan dokumen, KTP, KK, NPWP, izin usaha (contoh: SIUP), surat pernyataan kedudukan usaha, formulir perizinan dan surat pernyataan yang bermaterai, dan fotokopi penerima kuasa dan surat kuasa.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

HaKI merupakan hak yang muncul karena adanya hasil olah pikir yang dapat menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia  atau hak untuk menikmati hasil dari suatu kreativitas intelektual secara ekonomis.

HaKI dibagi menjadi 3 yaitu, hak paten, hak cipta, dan hak merek. Hak Paten merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. Inventor merupakan seorang pemilik paten atau pihak yang menerima hak dari pemilik yang terdaftar dalam daftar umum paten. Jangka waktu perlindungan paten adalah selama 20 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan dan tidak dapat diperpanjang.

Paten dibagi menjadi paten dan paten sederhana. Paten merupakan penemuan baru yang mengandung langkah inventif dan dapat diterapkan di dalam industri, sedangkan paten sederhana adalah sebuah penemuan baru yang merupakan pengembangan dari produk atau proses yang sudah pernah ada sebelumnya dan dapat diterapkan dalam industri. Pengajuan permohonan paten dilakukan dengan mengisi formulir dalam Bahasa Indonesia sebanyak 4 rangkap dan harus melampirkan surat kuasa khusus, surat pengalihan hak, deskripsi, klaim, abstrak serta gambar jika ada, dan bukti prioritas asli, terjemahan uraian penemuan dalam bahasa inggris, bukti pembayaran biaya permohonan paten, bukti pembayaran biaya permohonan paten sederhana dan pemeriksaan substantif paten sederhana, dan tambahan biaya untuk klaim.

Selain terdapat hak paten, terdapat pula hak cipta yaitu hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Hal ini ditulis dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014. Hak cipta dibagi menjadi dua, yaitu hak moral dan hak ekonomi. Hak moral menyangkut hak yang sudah secara alami melekat pada pribadi pencipta, tidak dapat dialihkan selama Pencipta masih hidup, sedangkan hak ekonomi menyangkut hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi.

Cara pendaftaran hak cipta dapat dilihat pada bagan di bawah ini,

permohonan hak cipta

Berdasarkan gambar bagan di atas, dapat dilihat bahwa permohonan pendaftaran hak cipta dimulai dari pemenuhan dokumen administratif, yang selanjutnya akan diperiksa. Jika pada pemeriksaan administratif belum lengkap maka harus dilengkapi terlebih dahulu. Proses selanjutnya setelah dilengkapi maka akan berlanjut pada evaluasi, dan jika tidak dilengkapi maka akan ditolak. Setelah proses evaluasi maka akan dilanjutkan pada pendaftaran hak cipta. Pada akhirnya akan diberikan surat pendaftaran atas ciptaan pada pemilik yang bersangkutan. Prosedur ini diatur dalam Undang-undang Nomor 28 tahun 2014 mengenai hak cipta, Peraturan Pemerintah No. 45 tahun 2014 mengenai jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Merek berdasarkan Undang-undang No. 20 tahun 2016, maka merek dibagi menjadi 3, yaitu merek, merek dagang, dan merek jasa. Merek merupakan suatu tanda yang berupa gambar, huruf, angkat, kata, susunan warna, dan lain-lain dimana ada daya pembeda yang digunakan. Merek dagang merupakan merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang dan tujuannya untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya. Merek jasa merupakan merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan dan untuk membedakan dengan jasa sejenis lainnya.

Sebuah merek tidak dapat didaftarkan apabila didaftarkan oleh pemohon yang punya etiket yang tidak baik, bertentangan dengan perundang-undangan, tidak punya daya pembeda, sudah menjadi milik umum. Prosedur permohonan pendaftaran merek adalah menyiapkan data yang diperlukan (surat pernyataan bermaterai, 24 lembar etiket merek, fotokopi KTP pemohon) –> pemeriksaan administratif –> hasil permohonan yang disetujui akan diumumkan dalam Berita Resmi Merek, dan jika ditolak akan diberitahu secara tertulis beserta alasannya –> permohonan yang disetujui akan diumumkan dalam Berita Resmi Merek paling lambat 10 hari sejak tanggal disetujuinya permohonan dan diumumkan selama 3 bulan –> sertifikat merek diberikan kepada pemohon paling lambat 30 hari sejak tanggal berakhirnya Berita Resmi Merek.

Rahasia dagang diatur dalam Undang-undang No. 30 tahun 2000 yaitu informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi atau bisnis, memiliki nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dijaga kerahasiannya oleh pemilik rahasia dagang. Perlindungan terhadap rahasia dagang meliputi metode produksi, pengolahan, penjualan, atau informasi di bidang teknologi yang punya nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Advertisements

Author:

Grace Claudia, Your Future Food Technologist :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s