Posted in Budaya Makanan, Culinary

Keunikan Makanan di China

Setelah menonton sebuah film pendek di youtube berjudul Chinese Food: Chinese on the Tongue Season 2, di salah satu episodenya memperlihatkan begitu kayanya makanan di China. Orang China tersebar di berbagai wilayah, ada yang di pesisir pantai, pegunungan, dekat hutan, sungai, maupun yang hidup di perkotaan. Tentu kebiasaan makan mereka juga berbeda-beda karena faktor ketersediaan bahan baku yang mereka miliki.

A. Chinese Bamboo Shoots (Rebung)

Di daerah pegunungan Mo, Li Nan China ada makanan yang istimewa, yaitu rebung. Rebung ini unik, saya baru tahu dari video itu kalau tunas pohon bambu. Rebung ini bisa dimakan dalam kurung waktu 10 hari, lebih dari itu sifatnya udah gak bisa dimakan lagi soalnya udah jadi pohon bambu. Tekstur rebung itu lembut, dan garing. Di Li Nan, kalau beruntung kalian bisa mendapatkan spesies rebung dari bambu kuning. Langka banget, paling cuma 3-4 buah di hutan bambu itu. Tekstur rebung bambu kuning ini lebih garing dan ada rasa buah pir dari dalamnya. Rebung biasanya diolah dengan irisan daging babi dan direbus selama kurang lebih 7 menit.

hqdefault
Si Tunas Bambu, Rebung
IMG_20131101_111604
Pork sliced and Chinese Bamboo shoots

Para petani bambu di Li Nan, pergi pagi-pagi ke hutan bambu karena rebung harus segera diambil dari tanah. Rebung bisa kehilangan waktu dalam kurun waktu pagi ke malam aja ternyata. Makanya di sana para petani rebung itu berjuang pagi-pagi saat masih dingin untuk ke hutan dan memanen rebung tersebut. Karena di sana pohon bambu juga banyak banget, jadi orang-orang di Li Nan kebanyakan memiliki usaha sebagai perajin anyaman bambu, untuk keranjang, tas, dan lain-lain.

B. Frozen Tofu, Pancake, and Stewed Fish

Di daerah Timur Laut China, Pada saat musim dingin (-15 derajat celcius) tofu di potong-potong dan di taruh di garasi rumah mereka. Air pada tofu menjadi membeku dan mengakibatkan pemisahan protein, sehingga teksturnya menjadi spongy atau kenyal. Biasanya tofu diolah dan dimasak dengan ikan rebus. Masyarakat di Timur Laut China memiliki tradisi menghidangkan ikan pada meja mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka punya moto kalau makanan yang baik itu adalah jika ada ikan dalam meja makan mereka. Ikan ini sebelumnya direbus dulu dengan air yang berasal dari mata air Timur Laut China (disebut sebagai living water) yang tidak membeku meskipun suhunya di bawah 0 derajat celcius.

Selain makanan itu, ada juga pancake yang biasanya sama-sama dihidangkan. Pancake ini dibuat dengan menggunakan tepung jagung. Tekstur pancakenya garing dan rasanya gurih.

bc305ba24a51136ec1130b
Tekstur Tofu yang udah mengalami pembekuan
6b0a83bf2f0de624123dbfbcb607bf064b14871e
Pancake

C. Chinese Steamed Stuffed Balls

Xiang Fan, salah satu wilayah pedesaan di China memiliki makanan yang unik yaitu Chinese stuffed balls dibuat dengan menggunakan campuran dari tepung siberian elm dan kelopak bunga magnolia lily. Campuran keduanya dikukus dan dibuat seperti bakso kenyal. Makanan ini disebut sebagai stuffed balls.

 

Tapioca Dumplings
Bentuk chinese stuffed balls kurang lebih seperti ini

Selain itu, di Xiang Fan juga memiliki tanaman istimewa yang dapat di makan, yaitu chinese toon shoots. Sebuah dedaunan yang berwarna agak keunguan dan cepat sekali tumbuh. Chinese toon shoots diambil saat berumur 2-3 hari, lebih dari itu sudah terlalu tua. 2 minggu setelah itu, daun pada chinese toon shoots memang masih tumbuh, tapi sifatnya tidak lagi dapat dimakan (tidak edible). Cara mengolah chinese toon shoots adalah dengan melumurinya dengan kuning telur dan dibalur dengan tepung, lalu baru dimasak dengan minyak. Bentuknya setelah digoreng mirip dengan ikan, maka disebutlah chinese toon fish. Selain digoreng, toon shoots juga dapat dibuat menjadi adonan telur seperti omelette dan salad dressing. Hidangan ini biasanya disajikan saat musim semi tiba.

shootIIChinese toon shoots

D. Chinese 9-Layers Cake 

Di Xiang Bao, China, orang-orang masih suka membuat kue tradisi China yaitu kue 9 lapis. Kalo di Indo sini sih kita sebut itu sebagai kue basah / kue lapis biasa. Cara masak kue 9 lapis ini adalah pertama giling beras dengan lokio secara bersamaan dan diperas menjadi green-rice-milk. Tangerine yang direndam dalam air menghasilkan warna coklat kekuningan untuk green-rice-milk. Setelah itu pada layer ketiga, digunakan hasil gilingan beras putih dan pada layer terakhir digunakan chinese eggplant yang berwarna merah untuk mewarnai lapisan menjadi merah muda. Setiap layer dikukus satu per satu, sehingga setelah seluruhnya selesai dikukus maka jumlah dari lapisan kue ini ada 9.

Makna dibuatnya kue ini adalah:

22_nonya_cake_21
Kue 9 Lapis (warnanya mirip dengan yang di video)

dari musim semi yang kaya akan tumbuh-tumbuhan hijau hingga musim gugur, nasi putih merupakan lambang harapan bagi kebahagiaan umat manusia di dunia.

Kesembilan warna pada kue lapis ini melambangkan harapan petani para petani di dunia.

E. Snail and Perilla

Daerah dekat sungai Yangtze, para nelayan siput pergi malam-malam ke sungai untuk mengambil para siput yang naik ke permukaan air. Siput sudah dikenal di daerah tersebut, bahkan dijadikan makanan loh dari sejak dulu.  Masyarakat disana suka memasak siput dan dijadikan santapan bersama keluarga. Bagi mereka saat memakan siput mereka memiliki tantangan untuk menghisapnya keluar dari cangkang dan mereka suka dengan tekstur siput tersebut. Agar tambah segar, biasanya ditambahkan perilla ungu.

603-top-local-food-you-must-try-in-guilin-17187
Masakan Siput

F. Flying Fish

Dari mulai pegunungan, sungai, dan laut, China kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu pesisir pantai yang ada di China adalah Lan Yu. Di Lan Yu, tinggalah masyarakat suku Da Wu. Karena tinggal di pesisir pantai, maka mereka sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Laut Lan Yu, juga kaya akan ikan terbang atau flying fish. Saat para nelayan mau menangkap flying fish, mereka harus terjun langsung ke dalam laut untuk menebar jala. Kira-kira ada ratusan ikan yang tertangkap dari jala yang super besar yang ditebarkan mereka itu.

tumblr_lww5ana3g01r94dcmo1_1280
flying fish 

Cara mengolah flying fish adalah dikeringkan terlebih dahulu sambil digarami sebagai langkah pengawetan. Biasanya mereka punya kayu-kayu penggantung di pinggir laut untuk mengeringkan ikan terbang tersebut. Setelah 3 hari dikeringkan, maka ikan dapat dimasak dan disantap bersama keluarga.

4559421083_3473bd61a1_b
Pengeringan ikan terbang

G. Chinese Raisins and Nut Cake

Daerah Barat Laut China merupakan daerah dengan curah hujan yang rendah, makanya daerah itu cenderung kering. Tapi bukan berarti karena curah hujan rendah, terus daerahnya jadi mati. Justru ada ladang anggur besar yang menghasilkan anggur-anggur yang manis. Anggur-anggur ini dipanen dan digantung dalam rumah berventilasi, dengan tujuan untuk dikeringkan. Anggur kering tersebut setelah dikeringkan punya kadar air yang rendah yaitu sekitar 20%, tapi kadar gulanya meningkat hingga 60%.

green-raisin-1317778
Chinese raisins

Anggur yang dipanen sebulan sesudah itu rasanya lebih manis dan kadar gulanya lebih tinggi. Biasanya anggur itu diperas untuk diambil airnya dan dimasak selama kurang lebih 4 jam. Setelah 4 jam dimasak, maka susutlah air anggur itu menjadi sirup. Selanjutnya bahan-bahan seperti biji kenari yang sudah dimasak dan garing dimasukan ke dalam sirup anggur tersebut. Lalu diaduk-aduk dan rekat. Kue ini dinamakan Chinese Nut Cake, atau kalau dinamakan candy cake juga.

b083fe955a7417679f1f13 (1)
Chinese Nut Cake

H. Noodle with Prawn Roe

Seperti yang kita tahu, China itu juga terkenal dengan mienya yang enak banget. Jadi rahasianya adalah ada topping yang sangat menarik dan menggugah selera, yaitu telur udang. 1 kg udang kira-kira menghasilkan 8 gram telur udang, jadi selama musim panas, nelayan bisa memanen sebanyak 8 kg telur udang. Nah, cara masak telur udang ini adalah dengan merendamnya dalam saus jahe dan dikukus dengan anggur beras. Campuran yang sudah dikukus ini dikeringkan dengan matahari kurang lebih 1 jam. Setelah dikeringkan, maka telur udang tersebut disangrai, dan setelah jadi kering banget ditambahkan cengkeh dan bawang putih yang sudah dikukus. Barulah campuran itu disimpan dalam keranjang berkain dan ditutup.

Mienya sendiri rimasak dengan api besar, menggunakan daun bawang, kecap asin, dan kuah kaldu. Lalu setelah dimasukan ke mangkuk, telur udang tadi diberikan di atasnya sebagai topping. Orang-orang China memakan mie telur udang ini sebagai salah satu kompensasi saat musim panas tiba.

IMG_2085
Prawn roe noodle

I. Sweet osmanthus

Ada satu lagi nih bunga jadi makanan di China, warnanya kekuningan. Bunga ini punya aroma yang semerbak. Biasanya bunga ini dijadikan saus untuk dimakan bersama masakan jamur. Biasanya jamur dimasak dengan kecap dan ditambahkan jamur di akhir pemasakan. Kecap ditambahkan untuk memberikan warna pada masakan sehingga kelihatan lebih nikmat.

HTB16_w1GpXXXXbiXVXXq6xXFXXXd
Tanaman sweet osmanthus

Salah satu quotes yang saya suka banget habis nonton video itu adalah Meksipun terlihat kalau orang Chinese itu bersusah payah dalam hal hidup, namun mereka menutupinya dengan cara menghasilkan makanan yang enak“. 

Sekian ya blog kali ini! 🙂

 

Advertisements
Posted in Budaya Makanan, Kuliner Jambi, Makanan Nusantara

Tempoyak, Indonesian Unique Food

Kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai makanan dengan nama Tempoyak. Tempoyak adalah makanan khas dari Jambi. Makanan ini diproses dalam kurun waktu tertentu. Maksudnya gimana nih? Jadi, tempoyak itu dihasilkan karena ada proses fermentasi buah durian. Buah durian yang sudah difermentasi nantinya akan dimasak layaknya gulai.

Filosofi Tempoyak

Menurut Hikayat Abdullah bin Abdulkaidi Munsyi, tempoyak merupakan salah satu makanan yang disukai oleh orang Terengganu, Malaysia. Suku Terengganu juga tinggal di Indonesia, seperti di Pulau Sumatera dan Kalimantan.  Di Jambi, buah durian terkenal marak dan enak, dan sebagian besar difermentasikan menjadi tempoyak.  Tempoyak banyak dimasak dengan berbagai jenis ikan supaya lebih nikmat, misalnya dengan ikan patin. Supaya lebih nikmat, beberapa bahan seperti serai, daun salam, jahe, kunyit, dan lengkuas ditambahkan pada masakan.

ikan patin tempoyak blog2
Tempoyak dan Ikan Patin
resep+tempoyak+goreng+hgfdsawertyuikmnbvcxsrt
Sambal Tempoyak Goreng

Sisi Teknologi Pangan

Tempoyak difermentasi dengan cara memeram buah duren dalam keadaan anaerob dalam waktu tertentu. Fermentasi –> berarti ada peranan mikroba di dalamnya, tentunya mikroba yang dapat menghasilkan asam laktat / BAL. Pada pengolahan tempoyak, tidak hanya mikroba yang tergolong BAL saja yang mungkin mengotaminasi buah durian. Mikroflora yang mengontaminasi langsung buah durian bermacam-macam. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hasanuddin (2010) terhadap tempoyak, maka terdapat 6 bakteri yang terdapat dalam tempoyak, yaitu Pediococcus acidilactisiLactobacillus plantarum, Lactobacillus curvatus, Leunostoc mesentroides, Staphylococcus saprophyticus, dan Micrococcus varians.

Mikroflora tersebut diketahui dengan menumbuhkannya pada berbagai macam media tumbuh, seperti pada medium Glucose Yeast Peptone (GYP agar) sebagai medium bagi bakteri, deMan Rogosa Sharpe (MRS agar) sebagai medium bagi BAL, Sabouraud (Dextrose agar) sebagai medium bagi saccharomyces atau yeast, dan Potato Dextrose Agar (PDA) sebagai medium jamur. Keseluruhan medium diinkubasi dalam waktu 48 jam, dengan suhu berbeda-beda. Koloni tunggal yang tumbuh dimurnikan dengan metode streak plate pada agar miring Brome Cresol Purple. Guna media ini adalah untuk membedakan antara bakteri asam laktat dan bakteri lainnya, sedangkan bagi yeast dan jamur maka digunakan agar miring yang sesuai dengan medium cawannya.

Dari hasil penelitiannya didapatkan bahwa isolat yang paling banyak diperoleh adalah dari spesies LactobacillusPediococcus, dan Leunostoc mesentroides. Diketahui spesie di atas merupakan BAL yang punya kemampuan untuk memfermentasi gula pada buah menjadi asam laktat. Kedua spesies lain yang tidak dominan dianggap sebagai kontaminasi dari kondisi lingkungan yang tidak higienis.

Selain itu, yeast yang timbul pada tempoyak merupakan spesies khamir dari Rhizopus oryzae. Hal ini dikarenakan pada pembuatan tempoyak menggunakan garam, namun khamir masih dapat tumbuh dan menghasilkan produk asam. Selain itu, dideteksi adanya jamur Kluyveromyces marxiamus, Mucor, Saccharomyces cereviciae, Penicillium, dan Monilia yang terdapat dalam tempoyak.

Berdasarkan hasil tersebut, dinyatakan bahwa terdapat dua bakteri yang tidak menguntungkan, yaitu Staphylococcus saprophyticus dan Micrococcus varians. Jangan memakan tempoyak dalam keadaan mentah, makanlah tempoyak jika sudah dimasak untuk meminimalkan kemungkinan sakit perut.

Sekian blog kali ini, semoga informasi ini membantu kalian mengenal makanan Indonesia lebih luas lagi ya!

Cao 🙂

 

 

Posted in Budaya Makanan, Makanan Nusantara

What is Onbijtkoek?

Di blog kali ini, saya akan membahas makanan yang namanya unik, yaitu onbijtkoek. Kira-kira apa itu?

Onbijtkoek yang diambil dari nama ‘Onbijt’ dan ‘Koek’ yang berasal dari bahasa Belanda memiliki arti sarapan pagi dan kue, atau kue yang disajikan untuk sarapan pagi hari. Onbeykuk berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Nama yang unik tersebut diberikan oleh orang-orang Belanda saat masa penjajahan dulu. Kue ini erat dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia, seperti cengkeh, jahe, dan kayu manis. Pada proses pengolahannya, kue ini tidak dibuat dengan menggunakan minyak, mentega, maupun margarin, sehingga teksturnya sangat kering.

Dulu, orang-orang memakan ombekuk dengan cara menjadi pengisi bagi roti tawar yang dioleskan dengan mentega. Kini, onbeykuk dibuat dengan tekstur sponge cake dengan penampakan kue berwarna cokelat. Warna tersebut timbul dari hasil karamelisasi gula aren sehingga menghasilkan warna kue yang kecoklatan.

ontbijtkoek-dutch-breakfast-cake-gingerbread-cake.1024x1024-3

Inilah Onbeykuk atau ontbijtkoek itu. Buat kalian semua yang tertarik untuk mencoba ini, saya punya tempat rekomendasi untuk kalian semua.
20171022_115447.jpg

Ini gambar ombekuk yang saya ambil langsung dari rumah makan Manado. Kalau kalian semua pengen coba ombekuk, mungkin kalian bisa pergi ke rumah makan manado yang ada di dekat Moestopo, atau Plaza Senayan. Nama rumah makan Manado ini adalah Beautika. Supeeeeer enak banget! Bisa dicoba nih untuk temen-temen yang suka makanan Manado. Di sana dijual kue-kue khas manado juga, seperti onbeykuk, popaco, koyabu, brot unti, apang, kuekuk, dan lain-lain.

Semoga blog ini dapat memberikan informasi untuk kalian dan membuat kalian semua penasaran mencoba makanan khas Indonesia 🙂

 

 

Posted in Budaya Makanan, Makanan Nusantara

Nikmatnya Sekoteng

Sekoteng? Nama yang unik bukan? Di blog kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai asal usul sekoteng.

foody-mobile-9490669365_6ef23eb3a-201-635887944951478929

Pas banget nih cuaca di Indonesia sekarang masuk musim hujan. Banyak orang yang terkena flu, tidak enak badan, batuk, meriang, dan penyakit-penyakit “musiman” lainnya. Dingin-dingin hujan, enaknya makanan yang hangat-hangat, contohnya ini nih. S e k o t e n g.

Dulu saya juga gak pernah tertarik untuk makan sekoteng, tapi satu kali waktu ke puncak bareng teman-teman saya disuruh coba sekoteng ini. Ternyata emang enak, dan yang saya suka dari makan sekoteng adalah sensasi panas dari jahe dan bisa narik angin dari tubuh alias ngeluarin masuk angin.

Sekoteng ini sebenarnya udah ada di Indonesia lama banget. Makanan yang isinya mayoritas adalah jahe, gula merah, dan berbagai isi seperti kacang tanah sangrai, merah delima, dan potongan roti tawar. Sebenarnya, sekoteng ini adalah hidangan yang berasal dari tradisi Cina. Nama asli sekoteng dalam bahasa Hokkian adalah su ko thung atau si guo tang yang bermakna sop empat buah. Empat buah itu dihidangkan setelah dikeringkan, yaitu kacang amandel, buah jali, biji teratai, dan kelengkeng.

Konon katanya, dulu sekoteng ini bisa terkenal di China pada masa pemerintahan Kaisar Qin Shi Huang. Ia merasa setelah meminum si guo tang tubuhnya menjadi lebih hangat dan pencernaannya pun lebih baik. Di China, si guo tang disajikan hangat-hangat pada musim dingin, dan disajikan dingin dengan es pada musim panas.

Si guo tang ini kini disahkan menjadi sekoteng di Nusantara kita. Kalau di Indonesia sendiri, isi sekoteng tidak sama dengan aslinya, yaitu ada roti tawar, pacar cina, kacang sangrai, buah jali, dan kacang hijau. Biasanya ada beberapa tambahan lain, tapi tergantung penjualnya.

Untuk kalian semua yang memang suka dengan sekoteng, saya punya rekomendasinya loh. Kalau kalian bertempat di Gading Serpong, coba deh jalan ke arah sekolah BPK Penabur Gading Serpong dekat sektor 1 A. Pas banget di belokan ke arah sekolah ada tukang sekoteng, harganya murah, rasanya enak. Jahenya juga pedes banget ampuh buat yang lagi kurang fit dan butuh yang hangat-hangat. Buat kalian yang ke Sukabumi, di sana juga ada tukang jualan sekoteng yang terkenal dan ramai banget sampai antriannya cukup panjang. Namanya sekoteng Singapur, mungkin bisa jadi referensi coba kalian 🙂

 

 

Salam,

Grace 🙂

 

 

Posted in Budaya Makanan

Pembagian Kelas Sosial Ekonomi dalam Budaya Pangan

Seperti yang sudah kita tau nih, bahwa pembagian kelas sosial ekonomi di luar negeri dikategorikan jadi tiga hal, atas, tengah, dan bawah. Banyak hal yang mempengaruhi seseorang dalam memilih makanan, seperti keadaan sosial ekonomi, politik, tingkat pendidikan, pekerjaan, usia, agama, kesehatan dan budaya.

Sebelum masuk pada faktor-faktor di atas, maka antara orang Indonesia dan luar negeri memiliki preferensi yang hampir sama. Namun, kelas sosial ekonomi yang membeli makanan tertentu berbeda. ‘Junk Food‘ seperti yang kita tahu contohnya adalah McD, KFC, Burger king, dan lain-lain. Di Amerika, makanan junk food harganya murah, sehingga orang-orang disana yang membelinya adalah kaum-kaum sosial ekonomi yang rendah. Di Indonesia, makanan seperti itu harganya lumayan juga loh, gak bisa kita bilang murah juga. Di sini kita bisa liat, kalau junk food menjadi pilihan makan bagi kaum menengah ke atas.

Orang-orang yang termasuk kelas sosial ekonomi tinggi, tentunya orang yang berpendidikan. Mereka punya pilihan makanan yang lebih banyak dan peka akan kesehatan. Sosial ekonomi yang tinggi memungkinkan seseorang tidak hanya untuk mendapatkan makanan, tapi untuk mendapatkan suasana di suatu tempat makan. Mereka juga memperhatikan kualitas dari makanan tersebut, tidak hanya memikirkan kenyang saja. Biasanya orang-orang kaum sosial tinggi juga memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap dan jauh lebih dari cukup. Junk food juga jarang jadi pilihan makan mereka. Mereka cenderung makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur yang harganya tidak murah.

Kaum sosial menengah sebagian besar atau hampir seluruhnya juga orang yang berpendidikan. Pilihan mereka akan makanan juga banyak. Di Indonesia, orang menengah cenderung mendatangi cafe atau tempat nongkrong seperti starbucks. Kaum menengah ke bawah biasanya mengetahui soal kesehatan, namun mereka cenderung acuh tak acuh dan junk food sering kali menjadi pilihan makanan mereka. Umumnya orang menengah peduli dengan kenikmatan dari makanan yang mereka makan.

Kaum sosial bawah, hanya sedikit yang berpendidikan sehingga yang mereka pikirkan adalah makanan yang mengeyangkan perut dan harganya murah. Kenikmatan makanan bukanlah prioritas mereka, yang mereka pikirkan bagaiman harga yang murah dengan lauk yang banyak dan mengenyangkan perut dalam waktu yang lama. Di Indonesia, orang-orang kalangan bawah biasanya mendapatkan makanan dari cara berkebun, memancing, dll atau dari bantuan orang lain (teman, tetangga, keluarga terdekat, bahkan bantuan formal).

Pengaruh usia terhadap makanan

Orang-orang muda bukanlah orang yang sangat concern terhadap kesehatan. Karena masih muda, mereka mikir hidup cuma sekali, so nikmatin aja. Contohnya dari makanan-makanan yang dipilih mereka. Batagor, siomay, cicongfan, gorengan, junk food, pizza, pasta, dan lain-lain adalah makanan yang super nikmat untuk dirasakan.

Orang-orang tua cenderung sudah mulai melemah metabolismenya dan juga rentan terkena penyakit. Jadi mereka pasti lebih memikirkan untuk jaga makan demi kesehatan mereka sendiri. Banyak orang-orang dewasa sampai lanjut usia yang beralih dari makan-makanan ‘kotor’ ke quacker oat atau makanan rendah gula dan lemak.

Pengaruh kesehatan terhadap makanan

Orang-orang dengan sakit tertentu, misal diabetes. Mereka akan menjauhi makanan yang tinggi gula, sehingga untuk mensiasati hal ini mereka menggunakan gula yang non calorie atau yang sedang berkembang adalah stevia. Para penderita penyakit jantung juga cenderung menjauh makanan berlemak, karena hal tersebut dapat tambah menyumbat saluran jantung dengan flek. Orang-orang yang sehat ada yang sebagian memperhatikan makanan sampai ke arah situ, ada juga yang berpikir bahwa selama penyakit itu tidak datang maka masih fine-fine saja.

Pengaruh Agama terhadap makanan

Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua agama menerima semua makanan. Misalnya orang Hindu, mereka cenderung tidak memakan daging sapi. Umat muslim misalnya, mereka menganggap bahwa daging babi adalah haram. Bagi umat kristiani misalnya, makanan yang mengandung darah tidak diperbolehkan untuk dimakan. Hal-hal tersebutlah yang menjadikan salah satu preferensi makanan masyarakat.